Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu sebagaimana dimaksud pada Diktum KESATU, mempunyai tugas sebagai berikut :
- Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu
Tugas :
- Mengkoordinasikan seluruh kegiatan pelayanan informasi publik di Kantor Wali Nagari Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan;
- Menerima pengajuan keberatan yang disampaikan secara tertulis oleh pemohon informasi publik serta mengikuti proses atas sengketa informasi yang diajukan oleh pihak pemohon;
- Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan layanan informasi publik;
- Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)
Tugas :
- Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi publik di Kantor Wali Nagari Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan
- Menjamin ketersedian dan akselarasi layanan informasi dan dokumentasi bagi pemohon informasi secara cepat, tepat, berkualitas dengan mengedepankan prinsip – prinsip pelayanan prima;
- Melakukan verifikasi bahan informasi publik;
- Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan dengan berdasarkan aturan yang berlaku dan analisa kajian terhadap data dan informasi terkait;
- Melakukan pemutakhiran atau pembaharuan informasi dan dokumentasi secara berkala;
- Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat;
- Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan;
- Memberikan pertimbangan dan kajian cakupan pemberian informasi, tujuan permintaan informasi serta mekanisme pemberian informasi;
- Membuat Daftar Informasi Publik dan Daftar Informasi yang dikecualikan di Lingkungan Wali Nagari Painan Kecamatran IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan serta menetapkan dengan Keputusan Wali Nagari Painan.
- Sekretaris Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu
Tugas :
- Mengkoordinasikan penyusunan program pengelolaaninformasi dan dokumentasi;
- Mengkoonasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan informasi dan dokumentasi;
- Melaksanakan koordinasi dalam rangka penyediaan dan pelayanan informasi publik;
- Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan informasi dan dokumentasi;
- Mengadministrasikan pelayanan informasi dan dokumentasi.
- Bidang Pelayanan dan Dokumentasi Informasi Tugas :
- Membantu PPID Pembantu dalam penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian dan pengamanan informasi;
- Membantu PPID Pembantu dalam Pelayanan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku dengan cepat, tepat dan
- Bidang Pengelolaan Data dan Klasifikasi Informasi
Tugas :
- Melaksanakan perencanaan dan program pengelolaan data dan informasi;
- Melaksanakan pengelolaan data dan informasi;
- Melaksanakan konsultasi klasifikasi informasi publik;
- Melaksanakan inventarisasi pengklasifikasian informasi dan dokumentasi;
- Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data dan informasi.
- Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi
Tugas :
- Melaksanakan perencanaan program bidang pengaduan dan penyelesaian sengketa informasi;
- Melaksanakan kordinasi dalam rangka penanganan penyelesaian sengketa informasi;
- Melaksanakan verifikasi, laporan dan rekomendasi atas pengaduan atau keberatan/mediasi/ajukasi.
Admin/Petugas Informasi
Tugas :
- Menerima, mengumpulkan dan mendokumentasikan informasi yang tekah diklasifikasikan;
- Menyediakan informasi dan dokumentasi melalui website;
- Melayani permohonan informasi dan pengaduan melalui helpdesk.